Sosialisasi Program Sanimas, Mendukung Kebersihan dan Kesehatan di Darmakradenan

49

Ajibarang, (darmakradenan.com)- Sosialisasi program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di Balai Desa Darmakradenan, Ajibarang, Banyumas, Jum’at (7/7/2023).

Acara tersebut juga dijadikan momentum untuk penandatanganan Pakta Integritas sebagai kesanggupan masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program Sanimas serta kampanye perilaku hidup bersih dan sehat.

Program Sanimas merupakan inisiatif peningkatan kualitas lingkungan terutama dalam pengelolaan air limbah di kawasan padat kumuh miskin perdesaan. Pendekatan yang diterapkan dalam program ini adalah pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Darmakradenan, Imam WS, dalam sambutannya menyampaikan bahwa masih banyak warga yang belum memiliki jamban sehat. Oleh karena itu, upaya bantuan telah diajukan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Aspirator Hj. Novita Wijayanti, S.E., M.M., Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi V dari Partai Gerindra.

“Bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga Darmakradenan dalam meningkatkan kualitas sanitasi dan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Sanitarian Puskesmas Ajibarang I, Astuti, menjelaskan pentingnya program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan manfaatnya bagi masyarakat. STBM bertujuan untuk mewujudkan perilaku hidup higienis dan sanitasi yang mandiri, dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara maksimal.

Baca Juga :  Sulitnya Medan Menuju Program Pamsimas, Tak Surutkan Semangat Pokmas Tirta Maju Bersama

Astuti juga menjelaskan Pilar-pilar utama STBM yang digunakan sebagai panduan dalam penyelenggaraan program ini terdiri dari Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMM-RT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT), serta Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT).

Faisilitator Kementrian PUPR, Cita Ihfadaniati (kiri) saat memaparkan Sanimas di Balai Desa Darmakradenan, Ajibarang, Banyumas, Jum’at (7/7/2023)

Sementara Tim Fasilitator Kementerian PUPR Banyumas-Cilacap, Cita Ihfadaniati, menjelaskan mengenai Juknis Sanitasi-Sanimas 2023. Ia memaparkan tahapan kegiatan dan kriteria penerima manfaat, di mana keluarga yang menerima bantuan harus memiliki anggota keluarga yang hamil, memiliki baduta, mengalami stunting, serta memiliki disabilitas.

Bantuan Sanitas-Sanimas di Desa Darmakradenan tahun 2023 mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 350 juta rupiah dari Kementerian PUPR. Dana tersebut akan digunakan untuk keperluan pembuatan 28 unit jamban.

Dalam momen acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa, Ketua PKK, LPMD, para Ketua RW, para calon penerima manfaat jamban sehat, fasilitator PUPR, Sanitarian Puskesmas Ajibarang I, dan Tim Novita Center Banyumas-Cilacap.

Peserta Sosialisasi Sanimas di Balai Desa Darmakradenan, Ajibarang, Banyumas, Jum’at (7/7/2023)
Penerima Manfaat Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di Balai Desa Darmakradenan, Ajibarang, Banyumas, Jum’at (7/7/2023)
Kepala Desa dan Perangkat Desa serta para ketua RW se Desa Darmakradenan saat mengabadikan momen sosialisai Sanimas di Balai Desa Darmakradenan, Ajibarang, Banyumas, Jum’at (7/7/2023)

Ahmad Miftah- darmakradenan.com