Radar, Upaya Membangun Komunikasi Efektif Antar Warga, Siapa Mereka

113
Personil Komunitas Radio Darmakradenan (Radar) disuatu kesempatan membantu dalam pelaksanaan kegiatan sosial keagamaan.

darmakradenan.com– Radio Darmakradenan atau disingkat Radar adalah komunitas masyarakat Darmakradenan, Ajibarang, Banyumas yang bergerak dibidang sosial informasi dan komunikasi.

Mayoritas anggotanya dari lembaga kemasyarakatan desa mulai dari Perangkat Desa, LPMD, Ketua RW, Ketua RT juga Linmas di Desa Darmakradenan. Anggota komunitas juga ada yang dari simpatisan warga yang hobi berkomunikasi melalui radio Handy Talky (HT).

Komunitas ini berdiri sejak bulan maret 2020 yang saat itu dibarengi dengan kegiatan pantauan warga yang pulang dari luar daerah (perantau), guna penanggulangan penyebaran Corona Virus Desaeses (Covid-19).

Tidak hanya penanggulangan covid -19, komunitas ini juga ikut membantu dalam pelaksanaan Vaksin Covid 19, kegiatan sosial lainnya seperti mengatur lalu lintas saat pembagian bantuan seperti BLT, BPNT juga aktif dalam kegiatan tersebut. Selain itu berkomunikasi dengan alat Handy Talky (HT) juga digunakan saat ada kematian warga di Desa Darmakradenan.

Baca Juga :  Fatayat NU Ranting Darmakradenan Ajak Masyarakat Untuk Ramaikan Tahun Baru Masehi

Kegiatan seperti penanggulangan bencana alam juga kerap dilakukan. Begitu mengikuti sebuah kegiatan, anggota diharuskan untuk berkomunikasi secara intens dengan relawan lain agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Anggota Komunitas Radio Darmakradenan (Radar) usai berkegiatan di bulan Suci Ramadhan 1443 H

Komunitas yang diketuai salah satu anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Darmakradenan, Asrori Ashari hingga saat ini masih eksis disetiap kegiatan sosial kemasyarakatan, pihaknya sering mengadakan kopi darat setiap dua minggu sekali untuk mempererat silaturahmi sesama komunitas, ditempat yang berbeda-beda.

Menurut Asrori selain untuk menjalin silaturahmi melalui udara, komunikasi ini sangat efektif digunakan, pasalnya ketika berkomunikasi dalam waktu lama tak membutuhkan banyak biaya untuk membeli pulsa.

“Menggunakan alat komunikasi dengan HT saya rasa sangat efektif untuk menjalin silaturahmi antar warga, dan ini penting untuk kegiatan yang sifatnya darurat ,” katanya, “Didalam komunitas kami juga tidak membatasi untuk anggota siapapun boleh bergabung bagi yang hobi menggunakan radio,” imbuhnya.