BPNT dan BLT Minyak Goreng Untuk Warga Darmakradenan Dibagikan

96
Salah satu petugas Kantor Pos Saat vailidasi data KPM di Aula Balai Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Senin (18/04/2022) (Foto:Miftah)

darmakradenan.com– Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng didistribusikan langsung oleh pihak kantor pos kepada warga Darmakradenan di Aula Balai Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Senin (18/04/2022).

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang sebelumnya diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH /  yang bekerjasama dengan Bank. Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada  KPM (keluarga penerima manfaat).

BPNT didistribusikan melalui aplikasi PGC (Pos Giro Cash). Saat pendistribusian di Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, para juru bayar Pos Indonesia melakukan validasi penerima (KPM) dengan metode foto menggunakan face recognition, selanjutnya memotret barcode pada undangan, foto KTP kemudian antara foto KTP, undangan secara bersamaan difoto berbarengan dengan penerima.

Baca Juga :  Di Darmakradenan Penyaluran BPNT dan BLT Migor Dibarengi Vaksin Booster

Kepada para KPM, pihak Kemensos melalui Pos Indonesia selalu menghimbau untuk menggunakan dana bantuan yang diterima sebaik mungkin. Hendaknya dibelanjakan untuk membeli sembako, tidak untuk beli pulsa, minuman keras dan narkotika. Sehingga diharapkan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak covid-19. Seperti dikutip pada undangan sebagai syarat pengambilan bantuan.

Pantauan dilapangan, di Desa Darmakradenan penyaluran bantuan sosial (bansos) kali ini sebanyak 2.025 KPM, dari jumlah tersebut masing-masing menerima total 500 ribu rupiah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sembako sebesar 200 ribu rupiah untuk bulan mei 2022, dan penebalan program sembako (subsidi minyak goreng) sebesar 100 ribu rupiah per bulan selama tiga bulan. Mulai pukul 08.00 wib hingga berita ini dimuat pukul 20.44 wib pada Senin (18/04/22) penyaluran bantuan belum selesai dibagikan.